Hanya Karena Wasit Perempuan, Televisi Iran Batal Siarkan Bundesliga

Diterbitkan 19 February 2019 09:05 AM WIB


Hanya Karena Wasit Perempuan, Televisi Iran Batal Siarkan Bundesliga

Hanya Karena Wasit Perempuan, Televisi Iran Batal Siarkan Bundesliga - Televisi Iran telah membatalkan siaran langsung duel 2 tim Bundesliga, Bayern Munich dengan Augsburg. Karena, laga tersebut dipimpin oleh wasit perempuan, Bibiana Steinhaus. 

Stasiun penyiaran milik pemerintah Iran, IRIB, yang telah membatalkan siaran pertandingan antara Augsburg dengan Bayern pada Jumat (15/2/2019). Laga tersebut berakhir dengan kemenangan Bayern 3 - 2. 

"Televisi pemerintah IRIB menghapus program dengan pemberitahuan singkat," kicau singkat media Jerman, Bild yang dikutip Mirror. 

Jurnalis Iran juga melaporkan pembatalan tersebut diumumkan beberapa menit saat menjelang pertandingan. Keputusan tersebut juga membuat fans menjadi sangat kecewa. 

Sampai dengan saat ini belum terdapat klarifikasi resmi dari IRIB. Kabarnya, pembatalan tersebut terkait dengan kostum yang dipakai oleh Bibiana. 

Bibiana bukan wasit baru di Bundesliga. Perempuan 39 tahun tersebut telah memimpin laga di liga kasta tertinggi Jerman tersebut dari September 2017. 

Dia tercatat menjadi seorang wasit perempuan pertama di Bundesliga. Bibiana menandai debutnya di Bundelsiga dengan cara mepimpin pertandingan Hertha Berlin melawan Werder Bremen yang berakhir dengan skor seri 1 - 1. 

Bibiana juga pernah memimpin laga penting pada ajang internasional. Di antaranya, Piala Dunia U-20 putri pada 2008 serta 2010, Piala Dunia putri 2020, final Olimpiade sepakbola putri di London antara Jepang serta Amerika Serikat.